Google
 

Selasa, 10 Juli 2007


HAPPY VETERINARY DAY



Minggu, 29 April 2007. Hari minggu pagi, seperti sudah menjadi rutinitas tradisi masyarakat di lingkungan kampus biru, Universitas Gadjah Mada (UGM), yakni tradisi “Sunday morning” atau biasa anak2 namakan ‘SunMor’. Sunday morning kemarin, berbeda dari biasanya, karena ada teman-teman dari veterinary UGM punya gawe, yakni merayakan ‘The World Veterinary Day’ yang diperingati tiap tanggal 28 april.



Acara WVD yang ‘sepenuh’nya dipelopori oleh teman-teman angkatan 2005 FKH UGM itu bertajuk “Berkenalan Lebih Dekat dengan Hewan dan Ahlinya, Dokter Hewan”. Acara berlangsung pukul 07.30 di bunderan FKH kemudian dilanjutkan dengan konvoi ke arah lapangan rumput depan gedung university center UGM. Acara ini melibatkan cukup banyak civitas FKH UGM, terutama angkatan 05 dan 06, dan angkatan 04. Tidak kalah seru, acara ini melibatkan beberapa macam hewan, seperti anjing, kura-kura brazil, landak, mus musculus, ular phyton dan kucing Persia.

Beberapa kegiatan yang dilakukan, yakni aksi handling berbagai unsur hewan tersebut oleh para mahasiswa yang memang menyayangi dan sering berkutat dengan berbagai macam hewan, setelah itu, acara dilanjutkan dengan sosialisasi dan ‘mendekatkan’ hewan-hewan tersebut dengan para pengunjung. Tampak masyarakat sangat senang dengan kegiatan yang dilakukan, terutama ketika mereka dapat lebih dekat mengenal hewan-hewan eksotik yang sebelumnya mungkin karena jarang berinteraksi atau karena takut jadi ogah untuk mendekat.

Acara yang tidak kalah penting dan seru yakni penandatangan kain putih oleh peserta-peserta aksi dan masyarakat yang menyimak, yang mana hal ini melambangkan bahwa antara hewan dan manusia harus mempunyai interaksi yang baik, dan untuk itu diperlukan tangan-tangan dokter hewan yang mampu membuat ‘jarak’ hewan dan manusia makin baik, aman dan terkendali. Aksi simpatik ini berjalan cukup baik, meski ternyata matahari menyengat hingga mengakibatkan kelelahan, terutama pada hewan. Tetapi bukan calon dokter hewan namanya jika tidak mampu mengatasi hal ini. Ya, panitia telah menyiapkan tenda untuk tempat berteduh dan air mineral khusus untuk para hewan.

Sekitar pukul 11 siang, aksi diselesaikan. Akhirnya melalui acara ini, setidaknya sebagian masyarakat yogya telah mengetahui kapan hari veteriner sedunia, dan yang tidak kalah penting adalah agar masyarakat lebih memahami dan menjunjung tinggi profesi doter hewan. HAPPY VETERINARY DAY.

Tidak ada komentar: